Keunggulan Primata

Diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan tenaga kerja Anda.

Fitur lengkap dan kaya

Solusi yang lengkap baik antar internal module maupun external system, yaitu dengan: perbankan, perpajakan, koperasi, dan lainnya.

Berpengalaman

Telah digunakan oleh puluhan hotel berbintang empat dan lima, sehingga dapat terus disempurnakan sejak tahun 2004. 

Customizable

Dibangun menggunakan metode Boutique-made yang mengantisipasi keperluan untuk penyesuaian.

User Friendly

Menggunakan database engine yang handal namun mudah dioperasikan oleh pengguna. 

Less Cost

Sistem yang Cost efficient serta tanpa biaya terselubung, sehingga pengguna akan mendapatkan lebih dari yang dibayarkan. 

Concurrent dan Multi User

Mampu digunakan oleh banyak user di waktu yang bersamaan.

Lifetime Warranty

Memberikan jaminan perbaikan tanpa biaya untuk kesalahan yang masih ditemukan dalam penulisan sistem.

High-level Security

Memberikan autentikasi serta pemberian hak yang berbeda-beda bagi masing-masing user. 

Mematuhi peraturan Indonesia

Dibangun atas dasar best-practice dari karakteristik ketenagakerjaan di Indonesia, serta mengakomodir regulasi pemerintah sehingga tetap comply terhadap undang-undang dan peraturan ketenagakerjaan.

System Overview


Modul Primata

Primata memiliki berbagai modul yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih.

Employee Management

Modul berikut akan membantu Anda untuk mengatur dan mengelola seluruh data dari tenaga kerja yang Anda miliki.


  • Organization Structure and Job Description
  • Employee Details
  • Employee Recruitment
  • New Employee
  • Employee Resignation
  • Employee Performance Review
  • Employee Promotion
  • Employee Transfer
  • Employee Demotion
  • Employee Reward
  • Employee History (CV)
  • Employee Contract History
  • Employee Benefit
  • Social Activities
  • Legal Document Attachments

Shift Scheduler

Modul ini akan mempermudah pembagian, penamaan, perubahan, dan pendataan shift kerja. 


  • Employee Work Schedule by department, by level, Manager on Duty, etc.
  • Forecast and Productivity Schedule
  • Public Holiday
  • Work Overtime
  • Schedule Template
  • Schedule History
  • Shift Table (Regular shift, Day Off, Short Time, Split shift, etc.)

Attendance Records

Berbeda dengan modul 'Shift Scheduler', Attendance Records akan menampilkan data kehadiran yang lebih terperinci. 


  • Automatic attendance pick-up from devices (Face Recognition, Fingerpint, RFID, QR Code, pickup from mobile phone, etc.)
  • Discrepancy Attendance (Late In, Early Home, etc.)
  • Overtime Calculation

Leave Management

Modul ini akan memudahkan pemrosesan, pelaporan, dan peng-inputan data leave.


  • Leave Table Setup
  • Leave Request and Approval
  • Automatic Leave Entitlement, Cancellation, and Forfeit.
  • Day Pay Management
  • Leave taking Analysis (Sick Leave or others non-entitlement)
  • Various Options based on Employee Category and Level

Training Module

Memudahkan penjadwalan serta perencanaan training. 


  • Course Catalog
  • Class Session
  • Trainer Management

Primata Payroll System

Modul ini dapat berdiri sendri maupun menjadi bagian dari PrimataHR. 


  • Personnel Bank Account
  • Attendance Check and Calculation
  • Allowance and Deduction Setup and Calculation
  • Service Charge Distribution
  • Festive Allowance (THR)
  • Daily Worker Payment Process
  • Tax Calculation
  • Automatic jurnal to back office system
  • Link to Tax system (e-SPT), Bank Transfer, etc.
  • Pay Slip delivery by email, ESS Module, or other.

Modul Lainnya

Di luar ke-6 modul utama di atas, Primata juga menyediakan berbagai modul lain.

  • Employee Self Service (ESS)
    • Employee's own Shift Schedule
    • Employee's own Attendance
    • Employee's own Leave Balance and Request
    • Employee's own Profile and History
    • Employee's own Pay Slip
  • Employee Meals (Canteen)
    • Auto Count meal taken by employee
    • Meal setup for breakfast, lunch, dinner, supper, or provide by box
    • Link to PrimataHR for employee change and employee shift schedule
    • Cost Calculation
  • System Tools & Utilities
    • User Trustee Matrix by Level/grade, Department, Category
    • Transaction logs for tracing and auditing
    • System Agent for Automatic Database Backup
    • System Agent for Automatic Leave Calculation
    • System Agent for Automatic Attendance Pickup
    • System Agent for Automatic Reporting
    • System Agent for Automatic Email
    • System Reminder and notification for each login users.
    • Parameter setup for carious conditions.

Testimoni

Primata telah digunakan oleh lebih dari 90 hotel berbintang empat dan lima selama belasan tahun.
Lihat referensi PrimataHR

Kami telah bekerja sama dengan Balisoft di PrimataHR dan Primata Payroll selama 10 tahun dan telah mengembangkan kepercayaan antara vendor dan pengguna untuk bertumbuh dari 1 properti ke semua properti Alila Indonesia. Balisoft sebagai perusahaan pengembang Primata sangat proaktif dan pengertian dengan kebutuhan klien perhotelan dalam kebutuhan operasional dan payroll sehari-hari dan merespons dengan baik pertumbuhan dan perubahan dalam bisnis kami. PrimataHR dan Payroll sebagai sistem menyediakan fitur untuk perhotelan yang memungkinkan kami untuk bekerja dengan  departemen dalam memaksimalkan PrimataHR untuk semua aspek operasi seperti scheduling, leave management, performance appraisal dan report yang strategis.

Vira Risnayani
Regional HR Director Indonesia,
Hyatt Alila Hotels & Resort

Primata System sangat mengakomodir pekerjaan saya dan selama saya menggunakannya, system ini stabil. Easy to use > copy-paste from system to excel.

I Nyoman Rico Setiawan
Senior Talent & Culture Executive – Paymaster,
Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort

Saya fans berat PrimataHR, kenal dengan perusahaan ini sudah 9 tahun lalu. PrimataHR mendukung saya untuk membuka 2 dari 3 hotel yang saya lakukan. Aplikasinya yang user friendly, mendengarkan client dengan seksama dan merespon permintaan dengan tepat waktu. Menurut saya, yang paling menarik adalah system reminder nya untuk pekerja dan sistem kontrak yang sudah mendekati akhir masa kontraknya.

Jacinta J. Widiana
Director of HR,
PT Anamaya Resort Seminyak